Kurangi Resiko Diabetes Dengan Serat Pangan

Diabetes
Diabetes
"Penyakit Diabetes bukanlah penyakit menular namun Diabetes menjadi penyakit yang mematikan di Indonesia. Kurangi resiko terkena penyakit diabetes dengan konsumsi serat pangan yang cukup."
Diabetes menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Meskipun begitu, banyak yang tidak peduli akan resiko terkena penyakit diabetes. Menjaga pola makan dengan asupan gizi seimbang akan membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Salah satu asupan gizi makanan yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes adalah serat pangan.
Diabetes adalah penyakit yang disebabkan gangguan pada kinerja hormon insulin sehingga gula darah tidak mampu di serap sebagai energi bagi sel sehingga menyebabkan tingginya kadar gula darah. Kencing manis adalah kata yang populer untuk diabetes. Hal tersebut didasarkan pada fakta bahwa air seni penderita penyakit diabetes bersifat manis.
Dengan begitu. cara mudah untuk mengetahui apakah seseorang terkena penyakit diabetes atau tidak adalah dengan buang air seni/kencing di kebun, jika air seni langsung di kerumuni semut maka itulah indikator awal terkena penyakit diabetes. Indikator awal lainnya seseorang terkena diabetes atau tidak adalah timbulnya rasa lemes dan ngantuk jika selesai makan. 
Mengapa seseorang terkena penyakit diabetes? Faktor genetik dan pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab utama terkena penyakit diabetes. Saya rasa, penyebab terbesar seseorang beresiko terkena penyakit diabetes adalah pola makan yang tidak sehat. 
Pola makan tidak sehat adalah pola makkan yang tidak memperhatikan keseimbangan gizi yang dibutuhkan tubuh. Tubuh memerlukan asupan gizi seimbang guna memproduksi sel-sel tubuh. Gizi seimbang mencakup kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, mineral, air dan serat.
Dulu, tidak banyak yang tahu bahkan merasa tidak penting akan asupan serat pangan. Sebagian besar orang lebih mementingkan asupan protein ketimbang gizi lainnya. Mitos pada masyarakat bahwa konsumsi protein yang tinggi akan meningkatkan kecerdasar seseorang. Fakta kekinian bahwa kelebihan konsumsi protein mampu menyebabkan penyakit gout, baca tentang penyakit gout.
Mari kita memperkaya pengetahuan tentang serat pangan mulai dari pengertian serat pangan, sumber serat pangan sampai manfaat serat pangan bagi kesehatan tubuh.
Sayur Buah

Pengertian Serat Pangan

Serat pangan adalah bagian dari tumbuhan yang bisa dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resisten terhadap pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami proses fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar.

Sumber Serat Pangan

Sumber serat pangan adalah buah, biji-bijian, kacang dan sayur mayur. 

Fungsi Serat Pangan

Berikut adalah fungsi serat pangan yaitu :
1. Memperlancar jalannya makanan dalam sistem pencernaan.
2. Menurunkan kadar kolestrol secara total dan kadar LDL.
3. Mengatur gula darah.

Manfaat Serat Pangan

Berikut manfaat serat pangan yaitu :
1. Menurunkan nafsu makan.
2. Menstabilkan gula darah.
3. Mengurangi tingkat glukosa dan insulin bagi para pasien diabetes.
4. Mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.
Nb: artikel ini bersifat pengetahuan populer belaka.
Sumber : wikipedia

Post a Comment